Istilah-istilah dalam Jual Beli Online

Istilah-istilah dalam Jual Beli Online - Banyak sekali istilah-istilah dalam Jual Beli Online yang perlu kita ketahui baik Penjual maupun Pembeli. Nah dalam postingan kali ini saha akan share beberapa Istilah penting dalam Jual Beli Online, Berikut adalah istilah-istilah dalam Jual Beli online:

1. “Sis” / “Gan”
Kata Sis, Sist atau Sista, awalnya berasal dari Sister atau Kakak dalam bahasa Inggris. Kata sist ini digunakan untuk saling memanggil antara pembeli dan penjual yang bergender
perempuan, dimana kita tidak mengetahui usia satu sama lain. Kalau Kata Gan, Agan dan bro atau Brother digunakan untuk yang bergender Laki-laki.

2. Reseller
Apa itu Reseller? Reseller adalah orang yang menjual kembali barang-barang yang dimiliki oleh si empunya Produk. Biasanya reseller membeli stok terlebih dahulu kemudian dipasarkan kembali ke customer-customernya.

3. Dropship
Dropship adalah sistem pemesanan dimana Seller mengirimkan langsung barang pesanan dropshipper ke customernya dropshiper tanpa harus ke alamat dropshiper terlebih dahulu, dan pengirimnya adalah atas nama dropshiper. Dropshiper disini adalah orang yang melakukan sistem dropship.

4. Booking
Booking adalah istilah untuk memesan sebuah barang. Jadi jika misalnya kita berada di Dept Store, booking adalah kondisi barang tersebut berada dalam keranjang belanja kita. Umumnya pada Online Shop, diberi batas waktu 1x24 jam atau lebih untuk membayar barang tersebut. Tetapi sekarang ini, kebanyakan Online Shop tidak bisa menjanjikan untuk menahan barang yang di booking, karena banyak customer janji-janji, tapi ga bayar-bayar. Hal ini sangat merugikan jika ternyata selama masa booking, ada peminat serius yang akan mengambil barang tersebut.
Istilah lain “booking“ adalah “keep” jadi jika ada customer atau reseller Anda bilang “keep” artinya barangnya di booking dulu baru kemudian di bayar.

5. Confirm
Confirm sebenarnya sama saja dengan booking, tetapi kata confirm sedikit lebih kuat. Jika anda katakan anda confirm barang tersebut, kalimat panjangnya adalah, 'Konfirmasi barang
ini pasti diambil dan akan dibayar'. Jika sudah booking / confirm barang namun tidak membayar, akan berakibat pada blacklist customer bersangkutan.

6. Supplier
Supplier adalah orang menyediakan sebuah jasa/barang untuk orang lain.

7. PO (Purchase Order/Pre-Oder)
Apa yang di maksud Purchase Order atau Pre-Order? Kalau di dunia online shop dikenal sebagai PESEN DULU. Pre-Order biasanya dilakukan ketika si penjual atau Supplier belum memiliki barang, jadi dia kumpulkan dulu customer yang mau beli, baru setelah terkumpul beberapa customer, sang penjual langsung memesan sekaligus banyak kepada supplier atau Supplier langsung Produksi barang yang dipesan.
Biasanya diberi waktu sekitar 1 minggu sampai 1 bulan lama PO nya, dan customer biasanya DP 50% dahulu sebagai tanda jadi.
Status baarang Pre-Order (PO) artinya Barang yang diinginkan lagi kosong harus dipesan atau Produksi dulu.

8. COD (Cash On Delivery)
COD artinya si Customer mau membayar secara langsung dengan catatan dia mau ketemu dahulu dengan si penjual dan melihat barangnya secara real, lokasi pertemuan sesuai kesepakatan antara seller dan buyer.

9. Ongkir (Ongkos Kirim)
Ongkir atau Ongkos Kirim adalah Biaya pengiriman barang , biasa hitungannya per kg atau sesuai dengan minimum pengiriman dari expedisi yang digunakan, biasa saat ini yang paling ramai menggunakan JNE (www.jne.co.id), Pos Indonesia, TIKI, Wahana, dan ada beberapa yang lainnya.

10. Ready Stock
Ready Stock menunjukkan bahwa barang tersedia di tempat penjual.

11. Out of Stock
Out Of Stock artinya Stock kosong.

12. Restock
Stock akan segera dipenuhi kembali atau sudah ready stock kembali.

13. Shipping
Shipping adalah Proses pengiriman pesanan.

14. Nomor Resi / Air Waybill Number/econote
Adalah tanda bukti Pengiriman bahwa pesanan sudah dipaketkan/ dikirimkan. Jadi bagi yang berencana untuk berbelanja secara online, anda berhak untuk meminta nomor resi pengiriman kepada penjual.

15. Free Ongkir / Free Shipping
Pembelian yang dibebasakan dari biaya pengiriman (gratis Ongkir)

16. Discount Up To....
Ini artinya “diskon hingga …..”.
Contohnya “discount up to Rp.10.000″, ini BUKAN berarti SETIAP produk mendapat diskon 10.000, tapi ADA produk yang diskonnya 10.000 (maksimal 10.000).

17. Discount …. off”
Misalkan “discount 10% off”, ini berarti setiap produk akan mendapatkan discount 10% jika memenuhi kualifikasi yang diberikan.

18. Tt/TF
Tt/TF adalah singkatan dari kata Transfer.

19. Rekber
Rekber adalah singkatan dari Rekening Bersama, yaitu pihak ketiga yang melayani perantara dana transaksi untuk keamanan bagi pihak Penjual dan Pembeli. Sehingga kedua belah pihak bisa saling percaya satu sama lain dan terhindar dari tipu menipu.

Mungkin masih banyak istilah-istilah Jual Beli Online lainnya yang belum disebutkan dalam postingan ini, silahkan teman-teman tambahkan dalam Kolom Komentar ya.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon