Jangan Masuk Jika Tidak Diizinkan

Jangan Masuk Jika Tidak Diizinkan

Izin Masuk Rumah

Sahabat, diantara sunnah yang saat ini banyak dilupakan yaitu meminta izin tiga kali jika hendak memasuki rumah orang lain, dan jika tidak ada jawaban atau tidak diizinkan maka hendaknya segera kembali.

🍃Allah ta'ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَىٰ أَهْلِهَا

🌾"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian memasuki rumah yang bukan rumah kalian sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya." (QS. An-Nur: 27)

🌴Al-Hafidz Ibnu Katsir rahimahullah berkata, "Meminta izin hendaknya dilakukan tiga kali. Jika diizinkan (ia boleh masuk) dan jika tidak maka ia harus kembali pulang sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang shahih." (Tafsir Ibnu Katsir)

🌿Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

إِِذَا اسْتَأْذَنَ اَحَدُكُمْ ثَلاَثاً فَلَمْ يُؤْذَنْ لَهُ فَلْيَرْجِعْ.

"Jika salah seorang di antara kalian sudah meminta izin tiga kali dan tidak diizinkan maka pulanglah.” (HR. Al-Bukhari no. 6245 dan Muslim no. 2153)

🍁Oleh karena itu sahabat, jika kita sudah mengucapkan salam dan meminta izin sebanyak tiga kali tetapi tidak ada jawaban maka hendaknya kita langsung pulang tidak terus-menerus mengucapkan salam atau meminta izin apalagi menggedor-gedor pintu. Karena tuan rumah berhak untuk mengizinkan atau tidak mengizinkan, dan janganlah kita menggerutu jika tidak diizinkan.

👍Sebarkan jika Anda menyukai tulisan ini, insya Alloh pahala besar menanti Anda.

Sumber : Channel Telegram https://goo.gl/NKBln3


EmoticonEmoticon